Selasa, 28 Desember 2010

Kekerasan Dalam Berpacaran

Ungkapan dari kata Remaja adalah masa remaja adalah masa yang paling indah, dan juga bisa dibilang masa yang tidak terlupakan. dalam masa ini remaja biasanya para remaja mulai mengenal yang namanya hubungan dengan lawan jenis. masa seperti itu biasanya harus dilewati dengan suka cita, namun banyak pula para remaja yang mengalaminya dengan berbagai pengalaman yang kurang menyenangkan. terutama pada saat mereka menjalin hubungan berpacaran. dan dari beberapa remaja mengaku sering mendapat perlakuan kasar dari pasangannya. atau bisa disebut kekerasan dalam berpacaran.

Permasalahn dalam berpacaran harus segera dicari jalan keluarnya. karena remaja adalah generasi penerus bangsa yang akan memegang peran penting dalam kemajuan bangsa dimasa yang akan datang. apabila pada masa remaja mereka mendapat perlakuan kasar, maka akan sangat mengganggu kesetabilan jiwanya dan hal ini dapat mengakibatkan dampak yang buruk dalam perkembangannya. terutama perkembangan jiwa pada saat dewasa.

kekerasan dalam berpacaran yang umumnya terjadi yaitu kekerasan seksual. dimana korban dipaksa mulai dari melakukan ciuman bahkan melakukan hal yang lebih. remaja berani melakukan hubungan seksual asalkan mereka tidak mengalami kehamilan. sehingga hubungan seksual yang dilakukan lebih pada " safe - sex ". tidak ada rasa tanggung jawab sedikitpun didalamnya.

untuk mencega dan menaggulangi masalah ini maka harus diadakan program yang dapat memberikan pengetahuan dan penyadaran terhadap baik dan buruknya menjalin hubungan berpacaran. agar terhindar terjadinya tindak kekerasan dalam berpacaran. program ini juga diharapkan dapat membantu memberikan motivasi pada remaja yang telah mengalami kekerasan dalam berpacaran agar ia mampu bangkit kembali dalam menjalani hidup yang lebih produktif.